Senin, 16 Februari 2009

Komunikasi menggunakan kabel dan nirkabel

Komunikasi Menggunakan Kabel dan Nirkable
Umumnya untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu jaringan menggunkan kabel.Dan dimunkinkan *** tanpa menggunkan kabel (nirkabel).Jaringan yang menggunbakan nirkabel.melakukan transmisi data dari komputer satu ke komputer lainnya melewati kabel- kabel.sedangkan pada jaringan nirkabel transmisi data menggunakan gelombang radio.jaringan nirkabel atau wireless mengirim dan menerima data melalui jalur udara, sehingga meminimalkan kabel sebagai penghubung komputer mobile, seperti komputer notebook dan personal digital assistant (PDA) merupakan komputer yang dapat digunakan dengan jaringan tanpa menggunakan kabel.
Jaringan nirkabel (wireless) memiliki keunggulan dan keuntungan dibanding dengan jaringan kabel.berikut ini keunggulan dan keuntungan tersebut.
MOBILITAS Jaringan nirkabel menyediakan pengaksesan kepada pengguna LAN dimana saja, selama berada dalam batas aksesnya.
KECEPATAN INSTALASI Proses tersebut cepat dan mudah karena tiodak membutuhkan kabel yang harus dipasang melalui atap atau tembok.
FLEKSIBILITAS TEMPAT Jaringan nirkabel (wireless) sangat fleksibel terhadap tempat berbeda dengan jaringan kabel yang dipasang tanpa kabel.
PENGURANGAN ANGGARAN BIAYA Bila terjadi perpindahan tempat antara biaya dapat ditekan walaupun investasi awal pada nirkabel LAN ini lebih besar biayanya daripada jaringan kabel. biaya instalasi dapat diperkecil karena membutuhkan kabel dan biaya pemeliharaannyapun lebih murah.
KEMAMPUAN JANGKAUAN Konfigurasi jaringan dapat diuubah dari jaringan peer-to-peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menjadi jaringan infrastruktur yang banyak hingga mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah dengan jangkauan luas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar